DPRD Peringatkan DPU Jangan Aji Mumpung Dana BTT


Jumlah pasien positif corona dari hari ke hari terus meningkat. Data yang dirilis oleh pemerintah pusat per tanggal 19 April 2020, terdapat 6.575 orang yang dinyatakan positif corona. Pemerintah daerah semestinya mulai mempersiapkan dana tanggap darurat corona untuk antisipasi bila terjadi pelonjakan pasien dalam satu waktu.

Sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 1 tahun 2020, Pemda dapat melakukan refocusing anggaran yang dititikberatkan pada 3 hal yaitu peningkatan kapasitas kesehatan, peningkatan dan perlindungan proteksi masyarakat, dan pemberian jaringan pengaman sosial.

Ruang informasi Rumah Sakit Merah Putih Kabupaten Magelang

Dalam rapat Komisi III DPRD Kab. Magelang pada Rabu (15 April 2020) lalu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) mengajukan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar 3,3M untuk Rumah Sakit Merah Putih (RSMP) Magelang. Dalam forum ini diterangkan bahwa anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan alat laboratorium, pembangunan ruang radiologi, dan penambahan ruang jenazah. Mereka memandang 3 hal tersebut harus terpenuhi untuk menunjang RSMP sebagai RS persiapan penanganan corona.

"Melihat urgensi pemakaian dana 3,3M yang diajukan, saya kira melenceng jauh dari kegawatdaruratan dalam penanganan corona. Seperti yang tertuang dalam Instruksi Mendagri No. 1 tahun 2020 tentang penanganan corona," jelas Fiqi Akhmad, wakil ketua Fraksi PKS DPRD Kabupaten Magelang.

Kondisi lokasi calon ruang jenazah RS Merah Putih

Fiqi menilai pengadaan alat laboratorium, pembangunan ruang radiologi dan penambahan ruang jenazah tidak ada korelasi terhadap tanggap darurat penanganan corona. Kedua ruangan yang dibutuhkan sudah ada di RSMP, hanya memerlukan penyempurnaan pembangunan, sehingga dana 3,3M yang diajukan hanya menghambur-hamburkan uang saja.

Kondisi salah satu gedung di RS Merah Putih

"Mengingat dalam kondisi darurat seperti sekarang ini, penggunaan anggaran BTT bisa melalui mekanisme penunjukan langsung tanpa melalui lelang," imbuh Fiqi.

DPRD mendesak agar DPU tidak melakukan 'aji mumpung' dana BTT untuk hal-hal yang tidak penting. (fraksipksmgl)

Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment