Selamat Hari Jadi Kota Mungkid ke-36


Ahad (22/3) Kota Mungkid merupakan ibukota Kabupaten Magelang saat ini. Dinamakan kota bukan karena merupakan wilayah otonom yang memiliki wali kota atau kedudukannya yang setara dengan daerah tingkat II, namun Kota Mungkid merupakan satu kesatuan nama. Kota Mungkid berbeda dengan Kecamatan Mungkid. Kota Mungkid merupakan nama kawasan aglomerasi yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Magelang yang kegiatannya terpusat di Kelurahan Sawitan (Jalan Letnan Tukiyat), sedangkan Kecamatan Mungkid merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Magelang yang berfungsi menjalankan sistem pemerintahan setingkat kecamatan dengan kegiatannya yang berpusat di Kelurahan Mungkid (jalan Magelang-Yogyakarta). 

Kota Mungkid berdiri sejak tanggal 22 Maret 1984 menggantikan Kota Magelang sebagai ibu kota Kabupaten Magelang setelah Kota Magelang melepaskan diri dari bagian Kabupaten Magelang menjadi sebuah kota administratif, sehingga, setiap tanggal 22 Maret diperingati oleh warga Kabupaten Magelang sebagai Hari Jadi Kota Mungkid. Padahal, Kabupaten Magelang sendiri tidak pernah memperingati hari jadinya karena tidak ada yang tahu persisnya sejak kapan Kabupaten Magelang berdiri. Berdirinya Kota Mungkid merupakan gagasan dari mantan Bupati Magelang, drh. Soepardi.

"Di hari jadi Kota Mungkid ini, harapannya menjadi sebuah momentum bagi pemerintah untuk lebih serius lagi dalam melayani masyarakat dan menyejahterakannya", begitulah harapan dari Abdul Aziz selaku ketua umum DPD PKS Kabupaten Magelang. Pada hari jadi ke 36 ini harapannya kita sebagai masyarakat Kabupaten Magelang saling bergotong royong untuk membangun Magelang yang berkhidmat untuk negara.


Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment