Pasar Blabak - Cagar Budaya Magelang Terbakar



Pasar Blabak dilahap si jago merah

Mungkid – Pasar Blabak di Mungkid, Magelang, dilahap si jago merah, kamis malam (17/10).

Si jago merah telah melahap sebagian Pasar Blabak yang merupakan salah satu cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Magelang. Pasar yang berjarak tidak jauh dari jalan raya utama Semarang-Yogyakarta, terbakar sekitar pukul 20.00 WIB. Pasar yang di sekelilingnya padat penduduk dengan sigap berupaya memadamkan api bersama dengan pemadam kebakaran.

“Saya ikut prihatin atas terjadinya kebakaran Pasar Blabak, semoga pedagang yang terdampak diberikan ketabahan dan kesabaran”, ujar Arif R. Imam selaku DPRD Magelang Fraksi PKS.
Warga dan para pedagang membantu dalam proses pemadaman dan evakuasi barang para pedagang pasar. Imam menambahkan, “Pasar Blabak merupakan salah satu cagar budaya, prihatin dengan kejadian ini, karena dengan ini mengakibatkan hilangnya sebagian cagar budaya Pasar Blabak”.

Kebakaran yang diduga akibat korsliting arus listrik mengakibatkan sebagian besar pedagang tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Menurut Imam, Pemkab Magelang segera mengambil tindakan, memberikan solusi bagi para pedagang terdampak agar tetap bisa melanjutkan usaha mereka.

Pihak terkait seperti Satpol PP dan PK Magelang sedang menghitung kerugian yang diakibatkan si jago merah.

“Di sisi lain, sisa bangunan yang masih utuh harus tetap dijaga, sebagai cagar budaya. Mengingat tinggal pasar Blabak satu-satunya pasar tradisional yang masuk dalam cagar budaya yang tersisa dan dipertahankan”, pungkas Imam dalam harapan untuk Pasar Blabak tetap menjadi Cagar Budaya.

Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment