Aksi Nyata untuk Hari Bumi


Tanggal 22 April merupakan peringatan Hari Bumi atau Earth Day yang telah diselenggarakan sejak tahun 1970-an. Apa sih tujuan diadakannya Hari Bumi ini? Ok, here we go.

Hari Bumi merupakan suatu gerakan global untuk mengampanyekan peningkatan kesadaran dan apresiasi terhadap bumi serta peduli lingkungan. Sejak 130 tahun terakhir ini, bumi mengalami peningkatan suhu setidaknya 0,85 derajat celcius dengan kenaikan yang sangat drastis selama 3 dekade ini.

Sebagai akibatnya, bumi menjadi semakin panas, musim panas ekstrim, musim dingin ekstrim, es di kutub mencair, terjadi kenaikan air laut, kebakaran hutan dimana-mana, hingga banyak bencana alam (banjir,
angin kencang, gelombang badai) akibat perubahan iklim.

Polutan udara yang semakin bertambah dan cuaca yang semakin panas sangat mempengaruhi pernafasan dan kesehatan jantung. Perubahan pola infeksi  mengakibatkan lebih banyak orang sakit.

Curah hujan juga sangat dipengaruhi oleh perubahan iklim. Hingga sering kita dengar panen gagal di banyak daerah sementara di beberapa tempat masa tanam semakin panjang. Dari sisi maritim, produksi ikan juga menurun tajam.

Lebih lanjutnya, hal ini sangat mempengaruhi suplai makanan, ketersediaan air bersih, dan tempat tinggal yang layak. Indonesia sendiri
berada pada peringkat 9 dari 10 kelompok negara yang retan terkena dampak ancaman keamanan pangan.

Nah, untuk memperingati hari bumi, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Selain melakukan kampanye dan mengajak masyarakat untuk mencintai bumi dan menjaga lingkungan hidup, ada juga berbagai
aksi nyata yang mudah dan murah untuk dilakukan. Apa aja? Let’s check it out.

➖  Tanam Pohon; pohon dan hutan memainkan peran penting dalam mengurangi bencana alam, pencemaran udara, dan pemanasan global. Selain itu, menaman pohon juga bisa menjadi investasi untuk masuk surga.

➖ Hemat Energi; penggunaan energi menjadi salah satu penyebab terbesar emisi rumah kaca. Gunakan air bersih secukupnya. Matikan lampu di tempat yang sedang tidak digunakan. Gunakan gas secukupnya, terutama ketika memasak air, jangan biarkan air terlalu lama mendidih di atas kompor. Hal ini bertujuan untuk menghemat penggunaan gas.

➖  Kurangi Plastik; plastik merupakan komponen yang tidak dapat terurai sehingga menjadi sumber masalah berkepanjangan bagi bumi. Beberapa bulan terakhir ini, pemerintah sendiri juga telah menggalakkan program diet plastik untuk warga Indonesia. Maka mari, kurangi penggunaan plastik. Sediakan tas kain untuk berbelanja sebagai pengganti plastik untuk membawa barang belanjaan.

➖  Bunuh Vampire Energi; ketika peralatan listrik dimatikan namun masih terhubung denganblistrik, peralatan tersebut tetap mengonsumsi listrik. Matikan peralatan listrik yang tidak terpakai, cabut kabel yang menghubungkannya dengan sumber listrik. Ingat, setelah selesai mengisi daya baterai hp, jangan sekedar melepaskan chargernya dari hp tapi juga cabut kabel dari sumber listriknya.

Meskipun hanya berupa aksi kecil yang sederhana namun yakinlah bahwa ia dapat memberikan perubahan yang besar bagi bumi dan lingkungan hidup. Apalagi jika aksi tersebut dilakukan secara bersama - sama dan terus menerus. Bumi bukanlah warisan nenek moyang yang bisa kita gunakan dengan sewenang – wenang. So, let’s keep moving for save the earth.[Qi]
Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment