Tips Mudik Hemat BBM

Atur Tekanan Ban

Tekanan Ban yang rendah menyebabkan gesekan semakin besar sehingga mengakibatkan semakin banyak BBM yang digunakan dalam pembakaran. Sesuaikan tekanan ban dengan tekanan standar pabrik kendaraan Anda.

Lumasi Rantai dengan Oli

Rantai merupakan elemen bergerak yang berada diluar blok mesin, sehingga rentan terkena debu dan mengakibatkan rantai cepat kering. Semakin banyak pelicin pada sambungan rantai, efisiensi semakin tinggi sehingga konsumsi BBM menjadi rendah.

Minimalisir Akselerasi

Menginjak pedal gas cukun dalam untuk meningkatkan kecepatan kendaraan Anda mengakibatkan lebih banyak BBM yang dibakar. Jadi, lebih baik berkendara dengan kecepatan stabil sehingga tidak terlalu banyak memberi tekanan pada pedal gas.

Minimalisir Beban

Semakin berat beban yang diangkut, maka semakin banyak pula BBM yang digunakan dalam pembakaran untuk membuat mobil Anda melaju. Jadi, bawa barang secukupnya saja.

Minimlaisir AC

Air Conditioner (AC) yang menyala memberi beban pada kerja mesin sehingga meningkatkan konsumsi BBM. Jadi, gunakan AC secukupnya.

Pilih BBM yang tepat

Periksa kembali angka Compression Ratio (CR) mesin Anda di buku panduan. CR tinggi dapat membakar dengan cepat sehingga lebih cocok dengan BBM dengan oktan tinggi yang membutuhkan waktu lebih lama untuk terbakar. Pengisian BBM yang tidak tepat menyebabkan kerja mesin tidak optimal sehingga terjadi pemborosan BBM.
Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment