Optimalisasi Potensi


Setiap diri pasti memiliki potensi. Karena potensi merupakan kemapuan dalam diri seseorang yang mempunyai kemungkinan untuk terus dikembangkan dan diberdayakan sehingga menjadi kemampuan yang sangat luar biasa. Potensi ini sering disebut sebagai sumber daya manusia (SDM).

Potensi yang ada pada diri seseorang merupakan perangkat untuk mencapai tujuan. Dengan optimalisasi potensi, maka seseorang, organisasi, ataupun perusahaan niscaya dapat mencapai tujuan-tujuan yang sangat besar.

Salah satu cara mengoptimalkan potensi adalah dengan memperlakukan dan memosisikan potensi secara tepat. Memperlakukan potensi dengan tepat  bertujuan agar potensi berkembang semakin kuat. Sedangkan memosisikan potensi dengan tepat bertujuan untuk mendapatkan daya terbesar dari potensi tersebut.

Perlakuan terbaik dalam pengembangan potensi adalah dengan memberikan kenyamanan dan memupuknya dengan iman. Ketidaknyamanan pada potensi akan menurunkan daya potensinya atau bahkan mematikannya. Ini menjadikan potensi tersia-siakan.

Iman merupakan sumber energi terbesar bagi potensi. Maka memupuknya dengan iman menjadikan potensi menjadi sangat potensial. Tidak memupuk potensi  dengan iman, maka peluang bagi potensi untuk berkembang akan menjadi hilang. Akibatnya, ada potensi yang tersia-siakan.

Untuk melakukan pemberdayaan potensi, perlu dilakukan identifikasi dan pengenalan. Gagal dalam mengidentifikasi keberadaan potensi maka potensi menjadi tidak terberdayakan. Sementara gagal dalam mengenali potensi dapat menyebabkan salah penempatan, sehingga potensi tidak terberdayakan dengan maksimal. Jadi ada bagian potensi yang tersia-siakan.

Optimalisasi potensi, inilah bingkai kita pekan ini. [Emang MKS]
Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment