Misi Dakwah Butuh Waktu dan Selalu Istiqomah


Pemenang bukanlah orang yang terkuat, akan tetapi orang yang paling lama bertahan. Sepenggal kalimat yang pernah didengungkan oleh Anis Matta ini selalu menjadi pelecut semangat bagi seorang Arif Rohman Imam. Dikala kebosanan terhadap perubahan yang seringkali dirasa tidak signifikan dan terlalu lamban, kalimat ini selalu mujarab untuk melecutkan semangatnya. Karena menurut pria yang akrab disapa Imam ini, misi dakwah itu butuh waktu panjang. “Misi ini tidak akan selesai dalam kurun waktu satu atau dua tahun saja, namun memerlukan waktu yang teramat panjang dan membutuhkan keistiqomahan,” tuturnya.

Imam sekarang menjabat sebagai salah satu anggota legislatif DPRD Kabupaten Magelang yang kini juga menjabat sebagai Ketua Badan Legislasi Daerah.  Jabatan anggota DPRD telah  diembannya selama dua periode dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan daerah pilihan Borobudur, Mungkid, dan Mertoyudan.

Dalam dua periode ini pula, Imam masih setia menjadi bagian dari partai dakwah di Indonesia yang mendeklarasikan dirinya. Bagi Imam, menjadi bagian dari PKS adalah hal yang patut disyukuri. Karena bagi dia, PKS sudah menjadi rumahnya. Tempat yang mengantarkannya memiliki pola fikir dan target hidup seperti saat ini.

Meski sudah terpilih menjadi anggota dewan selama dua periode, Imam mengaku tidak terbayang sedikit pun keinginan untuk menjajaki panggung politik sebagai anggota badan eksekutif. Menurutnya, tugas yang saat ini ia emban bukanlah keinginan pribadi, melainkan adalah amanah partai dan tidak mungkin berlangsung  selamanya. Karenanya, Imam pun sangat merasa siap bila sewaktu-waktu ia harus kembali menjadi kader atau pun rakyat biasa. “Siap, bahkan sangat siap untuk menjadi kader kembali,” tegasnya.

Aktivitas Imam yang begitu padat sebagai anggota legislatif, tentu membuat waktu bersama keluarga menjadi tersita. Untuk tetap menjaga kedekatannya dengan keluarga, Imam selalu memanfaatkan waktu yang ada untuk dijadikan sebagai waktu kebersamaan dengan keluarga kecilnya. Seperti di pagi hari, ia sering menyempatkan diri untuk berjalan-jalan pagi bersama, sesekali mengadakan rekreasi bersama keluarga, maupun bersilaturahim ke tempat para kerabat atau sahabat. Di lingkungan kampung, Imam juga masih aktif dengan berbagai kegiatan bahkan sampai detik ini ia masih menjabat sebagai Ketua Takmir Masjid di kampungnya.

Ketika ditanya tentang anggota dewan ideal, Imam mengatakan bahwa hampir tidak ada anggota dewan yang ideal. Namun demikian, baginya sosok anggota legislatif minimal harus dapat menjalankan fungsinya sebagai pembawa aspirasi. Karenanya, ia selalu berusaha untuk berjuang mendorong pemerintah untuk melakukan kebijakan – kebijakan yang berpihak pada masyarakat. [Ra]
Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment