7 Cara Menabung Tanpa Beban Ala Ibu Cerdas


Banyak orang menganggap menabung itu susah. Apalagi ibu-ibu yang konon katanya hobby belanja. Sejatinya, menabung itu mudah lho, karena tidak terpaku pada jumlah nominal yang Anda tabung.

Sebagai ibu cerdas yang ingin stabilitas ekonomi keluarganya terjamin, menabung adalah hal yang wajib dilakoni. Mengapa? Karena menabung adalah proses  membangun kebiasaan baik yang akan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan keluarga.

Apa saja sih kiat-kiatnya? Yuk, simak ulasan selengkapnya.

1. Niat dan tujuan
Niat dan tujuan ini menjadi landasan penting saat kita memulai kebiasaan menabung. Saat kita sudah mempunyai niat yang kuat , insya allah kita tidak akan tergoda untuk menguras isi tabungan sebelum tujuan kita tercapai, kecuali memang ada kondisi yang sangat amat mendesak. Selain itu, saat tujuan sudah terpatri dalam hati, kita akan berusaha untuk memenuhi target nominal yang menjadi tujuan kita dengan ide-ide kreatif.

2. Mulai dari yang kecil
Mulailah dari nominal yang kecil, misalnya Rp 10.000 dan lakukanlah setiap hari. Ingat, kunci menabung itu adalah kontinuitas. Jika menabung sudah menjadi kebiasaan, maka secara otomatis Anda akan lebih bijak menghabiskan uang.

3. Menabung di bank
Nah, jika sudah sukses menjalankan langkah kedua, Anda harus naik tingkat.  Anda bisa membuka rekening khusus untuk menabung dan tingkatkan nominalnya. Jika Anda sudah mempunyai rekening, Anda bisa meminta bank untuk melakukan auto debet setiap bulan (besar nominal sesuai kesepakatan kedua belah pihak), jadi mau tidak mau uang di rekening Anda akan otomatis terpotong sebulan sekali.

4. Hargai uang receh
Mulai sekarang, jangan anggap remeh uang receh. Simpan di tempat khusus, tidak perlu mahal, kaleng bekas atau botol bekas pun bisa digunakan untuk menyimpan. Jika sudah penuh Anda bisa membawanya ke bank untuk ditabung atau ditukarkan dengan uang kertas di warung atau toko terdekat.

5. Kurangi pos yang tidak penting
Punya kebiasaan nonton atau ngopi di luar? Yuk, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Berakhir pekan atau berkumpul dengan teman tak melulu harus ngopi atau nonton di luar. Anda bisa menggantinya dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan menghemat kantong. Misalnya, olah raga bersama, tak hanya hemat, badanpun segar.

6. Kurangi hasrat belanja
Biasakan membuat daftar belanja jika akan belanja ke supermarket. Jangan mudah tergoda rayuan diskon. Tanamkan pada diri Anda bahwa belilah barang sesuai kebutuhan jangan keinginan. Jangan sampai Anda menyesal setelah belanja barang.

7. Mari memasak
Makan di luar itu cukup menguras kantong. Siasati pengeluaran ini dengan membawa bekal dari rumah. Tidak percaya diri dengan hasil masakan sendiri. Tenang, memasak itu learning by doing, semakin tinggi jam terbang Anda, tentu rasa masakan akan  semakin mantap.

Tidak sulit kan untuk menjadi ibu cerdas yang terbiasa menabung? Yuk, mulai rajin menabung dari sekarang! [Mut]
Share on Google Plus

About PKS Kabupaten Magelang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment